SOLUSI RUMAH INDUSTRIAL LOW BUDGET

Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, terutama generasi muda yang ingin hidup mandiri dan memulai keluarga. Banyak orang rela bekerja bagai kuda dari pagi hingga malam hari agar bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk membeli rumah. Tak jarang, akhirnya mengambil angsuran rumah yang justru akan selesai berpuluh-puluh tahun kemudian.

 

Rumah industrial kecil bisa jadi pilihan buat sahabat Nusa yang ingin bangun rumah dengan anggaran terbatas atau rumah industrial low budget, di lahan yang tidak terlalu besar. Karena pada konsep industrial, banyak elemen yang bisa ‘dipangkas’ sehingga otomatis bisa mengurangi hitungan RAB.

 

Jika seringkali kita melihat konsep industrial yang cenderung open space memerlukan lahan besar, ternyata tidak juga. Rumah industrial kecil pun bisa menjadi hunian yang nyaman kok! Tentunya kebutuhan akan ruang hingga penambahan dekorasi bergaya industrial harus menyesuaikan dengan space yang ada.

Untuk menciptakan tampilan yang semakin menawan, sentuhan industrial juga bisa dihadirkan melalui perabotan, pencahayaan, atau aksesoris ruangan. Dan jangan lupa, material langit-langit yang digunakan pun merupakan salah satu pengaruh terbesar agar gaya industrial terasa lekat.

 

Ingin lebih dalam memahami rumah industrial dan ide desainnya?

Agar tak salah, di bawah ini Nusa menyajikan beberapa ide desain rumah industrial low budget yang bisa Sahabat tiru.

1.      Desain Rumah Industrial dengan Material Nusaboarad Wall Expose


Bukan hanya tampilannya saj ayang unggul, tapi ada banyak keunggulan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan bahan ini, yaitu:

  • Ukuran dan dimensi produk yang presisi sehingga memiliki potongan produk yang rapi rapi dan tingkat kesikuan produk terjamin
  • Pengaplikasian mudah dan cepat, dapat langsung di expose material maupun finishing
  • Lebih kedap air sehingga meminimalkan rembesan air hujan
  • Dapat digunakan di dalam dan luar ruangan

Dengan harga materialnya yang ekonomis, kamu tinggal menyesuaikan ukuran ruang yang akan dibuat atau dimodifikasi. Bukan hanya memberikan tampilan artistik yang beda, kelebihan lain dari Nusaboard Wall Expose ini mampu meredam suara dan tahan api.

 

2.      Aplikasi Lantai Semen untuk Budget Minimalis


Pengapliksian lantai industrial semen ekspos jadi salah satu elemen penting untuk menciptakan desain rumah industrial yang ekonomis. Alih-alih memasang lantai bermotif, lantai unfinished bisa dibilang cukup menarik dengan hasil akhir yang praktis dan sederhana.

Apabila kamu tertarik untuk menerapkannya pada lantai rumah, sebaiknya pastikan finishing semen ekspos dilapisi cairan khusus atau coating. Lapisan ini berfungsi agar semen tahan terhadap gesekan dan mudah dibersihkan. Juga berfungsi untuk melindungi semen ekspos dari kondisi lembap dan cuaca ekstrim. Aplikasi finishing semen dinilai lebih ekonomis, karena kamu bisa menghemat biaya pembelian keramik, tegel ataupun parket.

 

3.      Susunan Kabel Terbuka


Jika kebanyakan desain rumah lebih mengutamakan tampilan simpel dan rapi, yaitu dengan  menyembunyikan untaian kabel yang mengganggu, beda dengan konsep industrial. Kabel dirangkai dengan penutup kabel PVC, lalu dicat dengan warna dinding yang sama. Setidaknya ini bisa mengurangi biaya pembobokan dinding untuk menyembunyikan rangkaian kabel.

 

4.      Desain Interior Menonjolkan dengan Warna Hitam


Buat yang enggak mau repot harus modifikasi rumah secara besar-besaran, cara terakhir untuk mendapatkan rumah industrialis ramah kantong adalah lewat permainan warna. Warna-warna utama yang mewakili semua elemen bergaya industrial adalah hitam, putih, abu-abu dan cokelat (kayu).

Seperti contoh di atas, kamu bisa mengecat semua ruangan dengan warna putih, lalu tentukan bagian mana saja yang harus dicat dengan warna hitam. Setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah menerapkan material kayu untuk menyeimbangkan ruangan yang kamu ubah tidak terlihat monoton.

 

5.      Maksimalkan dengan Penggunaan Furniture


Hal yang terakhir yang haru sahabat lakukan yaitu  memberikan sentuhan desain industrial dengan perabotan seperti kursi dan meja dengan gaya serupa. Saat ini sudah ada banyak furnitur bergaya industrial, misalnya meja nakas yang terbuat dari barel kayu, kursi besi, dan masih banyak lagi.

 

Itu dia informasi mengenai rumah industrial low budget yang bisa sahabat tiru. Nantikan tips inovatif lainnya ya!!

 

RUMAH OPEN SPACE

Hai Sahabat Nusa! Konsep open space atau lantai terbuka sempat menjadi trend generasi muda saat ini dan cukup banyak diadaptasi pada banyak model hunian minimalis

Read More »

Leave a Reply

Close